IPSI Tana Toraja Kerahkan Pesilatnya Normalisasi Dampak Pasca Banjir Makale

Bagikan:

MEDIANTANEWS

MAKALE, – Puluhan pesilat dari beberapa perguruan yang tergabung di Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia ( IPSI ) Tana Toraja dikerahkan untuk melakukan normalisasi dampak banjir Makale, Minggu 3 Maret 2024.

Mereka melakukan pembersihan di beberapa lokasi dari sisa banjir baik sampah maupun material puing-puing kotoran lainnya. Banjir yang terjadi pekan lalu merendam sejumlah pemukiman warga serta beberapa fasilitas umum lainnya. Sampah dan sisa banjir lainnya dikumpulkan dan diangkut menggunakan armada sampah dinas terkait ke tempat pembuangan .

Para pesilat yang berasal dari perguruan tapak suci Mohammadiyah itu menurut ketua IPSi Tana Toraja Sumartin dikerahkan sebagai bentuk aksi kepedulian dan solidaritas bagi warga dan lingkungan yang berdampak. Sekaligus hal terbut menunjukkan bukti kuat keberadaan pencak silat sebagai warisan leluhur yang selalu menjaga nilai budaya, kearifan lokal dan unsur- unsur religius.

” Ini menjadi kebiasaan dan hal yang biasa anak – anak silat masuk di tengah masyarakat dalam melakukan kegiatan sosial serti yang dilaksanakan ini, ” katanya.

Mereka dididik dan dilatih untuk bolrh garang di arena namun juga penanaman nilai moral dan sosial juga mereka tetap miliki, demikian kata dia.

Kegiatan tersebut juga mendapat sokongan dari PD Mohammadiyah bersama Ortomnya. Juga melibatkan perguruan silat nasional Ampuh Sehat Aman Damai.

( * / fred )


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.