Mantan Ketua BPS dengan Mantan Bupati Adu Jago di Pilkada Tana Toraja

Bagikan:

MEDIANTANEWS

MAKALE, – Dua tokoh Toraja , Pdt A.J Anggui M.Th dan Niko Biringkanae jadi figur terdepan pada skuad tim pemenangan paslon di pilkada Tana Toraja.

Anggui mantan ketua Badan Pekerja Sinode ( BPS ) Gereja Toraja, sementara Niko mantan bupati Tana Toraja .

AJ Anggui ditunjuk jadi ketua tim pemenangan kabupaten paslon Zadrak Tombeg – Erianto Laso’ Paundanan berikut Niko jadi ketua tim pemenangan Victor Datuan Batara – John Diplomasi.

Latar belakang keduanya jadi alasan untuk jadi pengendali utama kemenangan dua paslon tersebut, keduanya bakal adu jago antar kandidatnya untuk jadi jawara pilkada Tana Toraja.

Anggui senior panggilan akrab ayah dari Dr Alfred Anggui M.Th ( ketua BPS Gereja Toraja .sekarang ) sebelumnya sudah aral melintang di panggung politik Toraja. Kini sudah memasuki masa emiritus pensiun dari jabatan pendeta Gereja Toraja. Termasuk seabrek jabatannya di berbagai organisasi sudah dijabatnya.

Pernah jadi anggota DPRD Tana Toraja, anggota DPRD Provinsi Sulsel dan juga jadi politisi senayan jadi anggota MPR RI di masa orde baru lalu . Dua kali jadi ketua BPS Gereja Toraja dan juga aktif sebagai penulis buku.

” Beliau dipercaya sebagai ketua didampingi ketua harian yakni Pdt Aser Ilu sementara cuti dari jabatan pendeta Gereja Toraja , kapasitas dan kemampuannya sudah tak diragukan lagi ,” ujar Adolf Ch Pakke salah seorang tim pemenangan dengan Zadrak – Erianto, Rabu 18 September 2024.

Niko pun begitu mantan birokrat pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di pemkab Tana Toraja diantaranya jadi Kadis PU dan Kepala Kepala Bappeda , sebelum jadi bupati ( 2016- 2021) Niko sempat jadi kadis Koperasi dan UKM Sul-Sel.

Pengalaman organisasi kepemudaan seperti AMPI, KNPI, Pemuda Pancasila sempat diduduki sebagai ketua. Berbagai jabatan penting pada struktur BPS Gereja Toraja. Kader kepemudaanya dari GMKI dan PPGT. Niko juga sempat jadi ketua umum Jambore II SMGT.

( * / fred )


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.