Golkar Incar Zadrak ?

Bagikan:

MEDIANTANEWS

MAKALE, – Zadrak Tombeg bacabup Tana Toraja makin jadi seksi dan incaran parpol untuk diusung di pilkada Tana Toraja. Akankah Gerindra dan Golkar menyatu di pilkada Tana Toraja, hal tersebut bisa saja terwujud.

Menguat dan jadi andalan partai Gerindra dimana Zadrak jadi ketua, kini santer beredar kabar jika wakil bupati Tana Toraja itu juga diincar partai Golkar untuk jadi tunggangannya meraih kursi nomor satu di daerah berjulukan Tondok Lepongan Bulan Tana Matarik Allo.

Golkar dikabarkan berniat untuk mentandemkan dirinnya dengan figur kadernya sekaligus menggagas koaliasi jumbo Gerindra – Golkar bahkan dengan partai lain tergabung koalisi pilpres yang lalu. Upaya itu tengah dilakukan para elit baik dari kubu Zadrak maupun para pengurus di internal partai tersebut .

Kabar itu masih sebatas isu dan sarat pertanyaan . Alasannya Gerindra maupun Golkar di pilkada Tana Toraja sudah bisa mengajukan paket paslon tanpa tambahan parpol. Bahkan bakal calonnya pun sudah siap. Hal tersebut hanya dikuatkan karena adanya kesepahaman lintas pengurus antara DPP Gerindra dan DPP Golkar dan partai lain yang bersama di koalisi Indonesia Maju dalam menghadapi pilkada untuk dimungkinkan saling bantu.

Tetapj jika kabar tersebut jadi benar maka kemungkin pasangan yang bakal digodok adalah , Zadrak Tombe – Victor Datuan Batara , atau Zadrak Tombek – John Rende Mangontan bahkan saja teracak untuk jadi sebaliknya. Victor maupun John kini tengah menjalankan surat tugas selaku bacabup partai Golkar.

Ataukah Zadrak Tombeg diusung dengan calon wakil yang lain. Meski begitu baik Victor maupun John Rende Mangontan disebut- sebut figur kuat untuk diusung oleh partai Golkar. Bahkan Victor kian santer dan mantapkan diri untuk pasangan dengan John Diplomasi ( ketua DPC Demokrat Tana Toraja ). Zadrak pun begitu ia digadang-gadang akan berpasangan dengan Erianto Laso’ Paundanan.

Memang perkembangan proses pilkada di tangan para kandidat masih cukup dinamis, gonta- ganti pasangan masih terus berlangsung. Semua masih menunggu kepastian dukungan dari parpol.

Menanggapi isu Golkar tengah menggarap Zadrak, John Rende Mangontan tak menampik jika hal itu bisa saja terjadi.

” Semua bisa saja terjadi, prosesnya masih cukup dinamis, itu mungkin karena memang Golkar dan Gerindra ada kedekatan pada pilpres yang lalu, jadi kita lihat saja selanjutnya , ” kata John yang juga fungsionaris dan anggota DPRD Sulsel dari Golkar.

Terpisah, pemerhati dan penulis buku politik Toraja Dr Kristian HP Lambe kepada media ini mengatakan jika hal tersebut benar maka pilpres jilid 2 bisz jadi di pilkada Tana Toraja.

Nasdem yang sudah menyatakan dukungan kepada paslon Nikodemus Biringkanae – Darma Lelepadang, berikut paslon koalisi Gerindra , Golkar Demokrat dan Gelora serta PDIP , Hanura dan Perindo juga bisa satu paket paslon , maka pilkada Tana Toraja jadi panggung pertarungan parpol dan koalisi pilpres yang lalu.

” Ini menarik kalau skema paslon sama yang terjadi pilpres , soal siapa dengan siapa itu urusan para kandidat dan parpol, dan ini bukan tidak mungkin terjadi, ” jelas Kristian , Selasa 19 Juni 2024.

Hal lain menurut Kristian , Golkar punya pengalaman tanding di pemilu termasuk pilkada. Partai berlambang beringin tak mudah untuk ditaklukkan.

” Jadi kalau misalnya lirik- melirik, atau mengincar figur atau tokoh kuat dalam even pemilu dan pilkada itu sudah bagian strateginya , yang jelas Golkar itu partai mapan , mereka punya gaya dan daya tarung, dan selalu harus dan maunya menang termasuk di pilkada, ” kunci Kristian .

( * / fred )


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.